Knowledge Management Pert 7-8

1. Apa yang dimaksud dengan knowledge?
Knowledge didefinisikan dalam kamus oxford sebagai keahlian, dan kemampuan yang didapatkan oleh seseorang melalui penglaman ataupun pendidikan, baik teori maupun praktik dari suatu subyek pembelajaran. Knowledge menurut buku “Managing Knowledge–Gilbert Probst, Steffen Raub, Kai Romhardt” hal. 24 adalah seluruh badan dari pengertian/kesadaran dan kemampuan dimana tiap individu gunakan untuk memecahkan masalah. Termasuk juga didalamnya teori dan praktik.

2. Sebutkan hambatan/barrier pada transfer knowledge?
a.) Hambatan dalam transfer knowledge menurut buku “Managing Knowlede–Gilbert Probst, Steffen Raub, Kai Romhardt” hal. 192 adalah hambatan individu dan hambatan kebudayaan.
b.) keterbatasan waktu dalam transfer Knowledge yang tidak memungkinkan transfer knowledge secara utuh
c.) Perbedaan kemampuan tiap individu dalam penyerapan Knowledge
d.) Sarana yang terbatas
e.) Akses sumber knowledge terbatas.
f.) Kurangnya kepercayaan
g.) Pebeaan kebudayaan, kosa kata, dan referensi.
h.) Pengahargaan dan status perginya ke pemilik knowledge.
i.) Tidak adanya toleransi untuk kesalahan atau kebutuhan akan pertolongan.

3. Apa fungsi dari tool Netmeeting?
Fungsi dari Netmeeting adalah memungkinkan untuk dapat berdiskusi secara online antar individu dan individu atau bahkan dalam suatu kelompok berisikan lebih dari satu individu dan dengan tempat berdiskusi berbeda beda (tidak dalam satu ruangan yang sama)

4. Apa yang dimaksud dengan corporate memory?
Corporate memory adalah badan total dari data, informasi, dan Knowledge(ilmu pengetahuan) yang dibutuhkan untuk mengantar sasaran strategis dan tujuan dari suatu perusahaan.

5. Apa yang anda ketahui mengenai competitive advantage?
Yang saya ketahui mengenai competitive advantage menurut Kotler (1996) adalah keunggulan dibandingkan dengan pesaing yang diperoleh dengan menyampaikan nilai yang lebih besar pada pelanggan, harga yang lebih murah atau dengan menyediakan lebih banyak manfaat yang sesuai walaupun dengan harga yang lebih tinggi. Jadi, intinya adalah daya saing suatu perusahaan dalam menawarkan keuntungan dari suatu produk atau jasa yang dijual dibandingkan dengan pesaing lainnya dalam rangka mendapatkan pelanggan.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *